Hasad yang perpahala

Sabtu, 05 Juli 20140 komentar

Dari sahabat ibnu mas'ud semoga allah meridhoinya dia berkata,nabi shollaallahu 'alaihi was sallam bersabda:
لا حسد إلا في اثنين: رجل آتاه الله مالا فسلطه على هلكته في الحق ،ورجل آتاه الله الحكمة فهو يقضي بها و يعلمه
"Tidak boleh hasad kecuali kepada 2 orang : seseorang yang di berikan oleh allah harta,lalu di tunaikan (salurkan) kepada yang berhak,dan seseorang yang diberikan oleh allah ilmu agama,dan dia mengamalkannya dan mengajarkan" (HR.Bukhori &muslim).
Hasad adalah menginginkan kenikmatan seseorang hilang dan berpindah kedirinya.
Hukum asal sikap hasad itu sangat tercela dan sikap yanh menghancurkan pribadi,sahabat karib,dan masyarakat pada umumnya.
Lebih-lebih musibah lagi,sikap hasad menghinggapi para penuntut ilmu,tidak terlepas juga para du'at,bahkan sikap hasad para da'i itu lebih besar dibandingkan para mad'u (jamaah pengajian) kajian pada umumnya.
Setiap ujian dan musibah pasti mengandung hikmah,begitu juga sikap hasad ini jika di lawan dan baru di hati saja belum diamalkan,tentu hal ini akan mendatangkan kebaikan dan pahala,dengan sebab seseorang bersikeras berjuang untuk melawan sikap hasad yang ada.
Nabi shollaallahu 'alaihi was sallam mengecualikan bahwa ada sikap hasad yang baik dan berpahala.
Hadist diatas juga menunjukkan,bahwa tidak semua kebaikan yang bernilai ibadah harus mempunyai modal besar,namun cukup dengan amalan hati kita,yaitu bercita-cita akan melakukan yang sama,jika diberikan salah satunya,baik harta untuk di infakkan di jalan allah ataupun ilmu agama yang diamalkan dan diajarkan kepada umat.
Sunggu langka kita jumpai seseorang yang diberikan ilmu dan sekaligus harta berlimpah.
Lihatlah imam ibnu mubarok seseorang raja dijamannya dan ahlul ilmi,bahkan beliau salah satu imam ahlul hadits:

1.jika ada yang minta harta kebeliau akan diberi,karena beliau orang kaya
2.jika ada yang minta diajarkan ilmu agama beliau,maka beliau akan ajarkan,karena beliau ahlu ilmu yang alim
3.jika ada orang yang minta perlindungan,maka beliau lindungi,karena beliau seorang raja yang berkuasa
Beliau imam ibnu mubarok juga menghajikan manusia setiap tahunnya,membiayai orang-orang yang mempunyai keinginan kuat untuk belajar agama.
Begitu mulianya harta,ilmu,kekuasan beliau,sehingga semuanya bermanfaat untuk manusia dan perjuangan dakwah.
Nabi shollaahu 'alaihi was sallam bersabda:
خيركم من أنفعكم للناس
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling bermanfaat untuk manusia".
Pernah suatu ketika beliau diprotes oleh orang-orang,kenapa beliau bershodaqoh keluar dari pada daerahnya,maksudnya lebih jauh dari tempat tinggalnya,beliau menjawab: aku membantu orang yang ada diluar sana,karena mereka para penuntut ilmu dan para pejuang islam dengan ilmu,karena setiap kebaikan yang mereka ajarkan kepada orang lain dan seterusnya,dan aku akan mendapat pahala dari sebab mereka ( karena imam ibnu mubarok yang membantu mereka).
Beliau sangat cinta dan bangga kepada para penuntut ilmu dan yang mengajarkan ilmu.
Kecintaan beliau bukan tanpa alasan,salah satu manfaatnya seorang yang mempunyai usaha didunia untuk memenuhi kebutuhannya akan maju disebabkab peduli kepada para penuntut ilmu dan para pejuang agam yang berjuang dengan ilmu (para ulama & da'i ),namun bukan itu tujuan beliau membantu mereka.
Memperhatikan para penuntut ilmu dan mau membantu mereka,baik dengan doa ataupun dengan hartanya,maka allah akan memberikan kemudahan urusan usahanya,disebabkan kepedulian kepada mereka yang membutuhkan.
Suatu ketika ada yang datang kepada nabi shollaallahu 'alaihi was sallam untuk mengadukan tentang urusannya,yaitu dia berusaha mencari nafkah didunia dan adiknya menuntut ilmu agama,beliau menjawab dengan sabdanya:
لعلك ترزق به
"Apakah kamu tidak mengetahui,bahwa lancarnya usahamu itu disebabkan adikmu (peduli dan membiayai untuk menuntut ilmu agama)
Mari berusaha hasad kepada orang yang mempunyai kebaikan dan ilmu,yang apa bila kita mempunyai hal itu kita akan melakukan seperti apa yang mereka lakukan.
Allahu 'alam

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين
Abu Salman Al-kwasayni,dibumi Allah
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : MOHON..!! JANGAN DI KLIK | JASA WEBSITE MURAH | PEDULI DA'WAH
Copyright © 2011. الكواسيني - All Rights Reserved
by Mas
Proudly powered by Blogger