Untung besar dengan kejujuran

Rabu, 16 Juli 20140 komentar

Kejujuran adalah bekal seorang muslim,dan hendaknya menjadi akhlaq didalam kehidupannya.

Allah berfirman:

   { يا أيها الذين آمنوا اتقوا اللَّه، وكونوا مع الصادقين }
"Wahai orang-orang yang beriman,
bertaqwalah kalian kepada allah,dan hendaklah kalian bersama orang-orang yang jujur".

Kejujuran merupakan modal dasar dalam mengarungi kehidupan dunia terlebih untuk menuju kehidupan yang kekal abadi akhirat.

Manusia pada umumnya akan senang dan mencintai kepada orang yang jujur,sebagai : pembeli akan senang kepada pedagang yang jujur yang tidak mengurangi timbangan atau takaran.

Tidak ada satupun yang tidak suka kejujuran,bahkan orang quraisy yang mencela,menuduh,mengguncing,dan akan membunuh nabi shollaallahu 'alaihi was sallam,mereka suka dengan kejujuran.

Sebagai buktinya mereka senang dengan kejujuran adalah mereka menitipkan harta benda mereka kepada nabi shollaallahu 'alaihi was sallam tatkala mereka pergi berdagang ke negri syam.

Sungguh mengherankan apa yang dilakukan kaum quraisy,siangnya sibuk memfitnah nabi shollaahu 'alaihi was sallam,namun mereka butuh kepada kejujuran beliau.

Ayat diatas allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk bertaqwa kepada-Nya dan sekaligus kepada hambanya untuk bergaul dan mencari teman yang jujur.

Bergaul dengan seseorang akan mempengaruhi kehidupan seseorang,maka hendaknya seorang hamba melihat dan memilih siapa yang menjadi temannya dan akan yang dijadikan teman olehnya,bukan melihat rupa maupun hartanya,namun melihat baik tidak agamanya.

Nabi shollaallahu 'alaihi was sallam bersabda :

الرجل على دين خليله، فلينظر احدكم من يخلل
 "Seseorang itu tergantung kebiasan kehidupan agama temannya,maka lihatlah salah seorang dari kalian siapa yang akan dijadikan teman". (HR.Abu dawud)

Jadi teman yang jujur sangat berpengaruh untuk kehidupan setiap muslim,begitu juga bahayanya bergaul dengan orang yang tidak jujur atau ingkar,maka lambat laun muslim tadi akan mengikuti kebiasaan temannya tersebut.

Allah mewajibkan hambanya untuk jujur,dan setiap kejujuran akan kembali manfaatnya kepada pelakunya.

 { والصادقين والصادقات }

  { فلو صدقوا اللَّه لكان خيرا لهم }
" Maka kalaulah kalian jujur kepada allah,tentu kebaikan yang akan kalian dapatkan".

Kejujuran terbagi menjadi 3 :
1.hati (keyakinan)
2.lisan
3.perbuatan

Orang munafiq adalah contoh yang tidak jujur didalam hatinya,sehingga mereka menjadi penghuni neraka yang paling dasar.

Fir'aun adalah contoh orang yang tidak jujur dalam ucapan,padahal hatinya mengakui allah.
dia mengaku dan mengajak kepada kaumnya bahwa dia adalah tuhan,maka dia tenggelamkan di laut oleh allah dan kelak akan dimasukan kedalam neraka.

Riya' adalah contoh seorang tidak jujur dalam perbuatannya,sehingga amal ibadah yang dia lakukan tidak ada nilainya,bahkan mendatangkan dosa di sebabkan ibadahnya di dasaru riya'.

Kejujuran membawa seorang hamba kedalam kebaikan baik urusan dunia,terlebih akhirat yaitu menghantarkan masuk ke dalam surga.

Dan begitu juga dengan sikap ingkar,tidak amanah akan membawa kepada kejelekan,
bahkan menjerumuskan pelakunya kedalam api neraka yang sangat pedih.

Nabi shollaallahu 'alaihi was sallam bersabda :

ُ عَن ابْنِ مَسْعُودٍ رضي اللَّه عنه عن النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : « إِنَّ الصَّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الجَنَّةِ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ ليصْدُقُ حَتَّى يُكتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقاً ، وإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الفجُورِ وَإِنَّ الفجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّاباً » متفقٌ عليه .
Dari sahabat ibnu mas'ud semoga allah meridhoinya dari nabi shollaallahu 'alahi was sallam,bersabda :
" Sesungguhnya kejujuran itu menunjukan ke jalan kebaikan,dan kebaikan itu menghantarkan ke surga,dan sesungguhnya orang yang membiasakan untuk jujur,maka ditulis baginya disisi allah sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu menunjukan kedalam kejelekan,dan kejelekan itu menghantarkan ke dalam neraka,dan sesungguhnya orang yang membiasakan untuk dusta,maka di tulis baginya disisi allah sebagai pendusta". (HR. Bukhori & Muslim)

Kejujuran sering kali sangat pahit,terkucilkan terfitnah dan banyak musuhnya,namun jika dilakukan atas dasar karena allah semata dan berusaha bersabar,maka akan mendapatkan keuntungan dari kejujuran,baik keuntungan dunia dan akhirat.

Kedustaan sangat manis ,dipuji-puji,disanjung kebanyakan manusia yang tidak tahu dan secara kasat mata akan banyak teman yang mendampingi,namun hal itu hanya sementara saja,karena allah akan membongkar kedustaan yang telah dilakukan,dan jika tidak bertaubat akan terancam yang mengintai baik di dunia dan terlebih di akhirat.

الله اعلم

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Ditulis:
Al fakir Abu Salman
Al-kwasayni
🌏di bumi Allah,kwasen
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : MOHON..!! JANGAN DI KLIK | JASA WEBSITE MURAH | PEDULI DA'WAH
Copyright © 2011. الكواسيني - All Rights Reserved
by Mas
Proudly powered by Blogger